Tolak Gugatan Ruben Onsu, MA Perintahkan Coret Merek Geprek Bensu
September 21, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Tolak Gugatan Ruben Onsu, MA Perintahkan Pencoretan Merek Geprek Bensu

Ayam Geprek

Ayam Geprek Bensu dan PT Ayam Geprek Benny Sujono

Mahkamah Agung menolak gugatan Ruben Onsu terhadap PT Ayam Geprek Benny Sujono, pemilik merek I Am Geprek Bensu tersebut memang mirip usaha Ruben Onsu

Seminariaoversa – Mahkamah Agung menolak gugatan Ruben Onsu terhadap PT Ayam Geprek Benny Sujono, pemilik merek I Am Geprek Bensu. Mereka tersebut memang mirip dengan bendera usaha Ruben Onsu, Geprek Bensu.

Ruben Onsu mengajukan gugatan terkait Hak Kekayaan Intelektual tersebut ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Agustus 2019 dan tercatat dengan nomor perkara 57/Pdt.Sus-HKI/Merek/2019/PN Niaga Jkt.Pst.

Namun pada 13 Januari 2020, gugatan Ruben Onsu seluruhnya ditolak oleh majelis hakim PN Niaga Jakarta Pusat. ” Menolak Gugatan Penggugat RUBEN SAMUEL ONSU tersebut untuk seluruhnya,” demikian bunyi putusan pengadilan, Kamis 11 Juni 2020.

Dalam putusan itu, hakim justru mengabulkan gugatan rekonsepsi atau gugatan balasan PT Ayam Geprek Benny Sujono. Hakim menyatakan, PT Ayam Geprek Benny Sujono sebagai pemilik dan pemakai pertama untuk sah merek bisnis I Am Geprek Bensu.

Soal Nama 'Bensu', Gugatan Ruben Onsu terhadap Merek 'I Am Geprek ...

Putusan pengadilan bahkan memerintahkan penghapusan merek Geprek Bensu milik Ruben dibatalkan karena mirip dengan merek dagang milik PT Ayam Geprek Benny Sujono.

” Memerintahkan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia cq. Direktorat Jenderal Hak Dan Kekayaan Intelektual cq. Direktorat Merek Dan Indikasi Geografis (in casu Turut Tergugat Rekonpensi) untuk melaksanakan pembatalan merek-merek atas nama RUBEN SAMUEL ONSU tersebut di atas.”

” Yaitu dengan mencoret pendaftaran merek-merek tersebut dari Indonesia Daftar Merek, dengan segala akibat hukumnya,” tutup surat putusan tersebut.

Ajukan Gugatan Lagi

Permasalahan ini sebenarnya sudah bergulir sejak 2018. Ruben sempat menggugat ke PN Niaga Jakarta Pusat pada 25 September 2018.

Gugatan ini tercatat dengan nomor perkara 48/Pdt.Sus-HKI/Merek/2018/PN Niaga Jkt.Pst. Namun gugatan tersebut ditolak majelis hakim. Suami Sarwendah ini akhirnya mengajukan gugatan lagi pada 23 Agustus 2019 meski akhirnya kembali ditolak.

Hingga artikel ini disusun, pihak Ruben belum memberikan pernyataan resmi terkait putusan MA. Kami telah menghubungi pihak Ruben Onsu namun belum direspons.

Pendapatan Terus Merosot, Ruben Onsu Pecat 2.500 Karyawan

Seminarioaversa– Ruben Onsu mengatakan bahwa bisnis kulinernya benar-benar terganggu oleh pandemi Covid-19. Dia bahkan mengaku pendapatannya merosot tajam dalam beberapa bulan terakhir

” Terganggu banget, kegesek. Udah semualah segala macam, keseret-seret, dada nyesek semualah,” kata Ruben dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Billy Syahputra.

Untuk menutupi biaya produksi, suami Sarwendah itu bahkan harus mengurangi jumlah karyawan. Tak tanggung-tanggung, dia merumahkan 2.500 karyawan agar usahanya tetap bisa berjalan.

” Makanya dari 6.000 karyawan gue, 2.500 yang sudah gue rumahkan,” ungkap dia.

Meski begitu, Ruben mengaku tetap memenuhi hak-hak karyawan yang dirumahkan. Dia tetap memberikan pesangon dan tunjangan hari raya alias THR.

” Itu kompensasinya gue kasih satu bulan gaji plus satu bulan THR. Karena menurut guea, mereka bisa nafas dua bulan nih, mereka bisa cari-cari lagi,” kata dia.

Jika kondisi tidak kunjung membaik, tidak menutup  kemungkinan Ruben bakal kembali merumahkan karyawan.

” Sekarang 4.000 karyawan tersisa masih aktif. Tapi kalau keadaan kita tidak berkembang, akan ada kemungkinan berkurang lagi ya pasti karena kita enggak bisa melawan. Ini ombak lagi kenceng banget,” kata Ruben