Status Kelolosan Pendaftar Kartu Prakerja Berubah, Ini Penjelasannya
September 27, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Status Kelolosan Pendaftar Kartu Prakerja Berubah, Ini Penjelasannya

Pendaftaran Kartu Prakerja

Pendaftaran Kartu Prakerja jilid II telah dibuka kembali

Program seleksi dari peserta Kartu Prakerja masih terus berjalan. Namun, ada beberapa kendala yang terjadi hingga menimbulkan mundurnya jadwal pengumuman

Seminarioaversa – Program seleksi dari peserta Kartu Prakerja masih terus berjalan. Namun, ada beberapa kendala yang terjadi hingga menimbulkan mundurnya jadwal pengumuman maupun pembukaan gelombang kedua beberapa waktu lalu. Masyarakat juga menyampaikan sejumlah pertanyaan terkait status kelolosan bagi para pendaftar program Kartu Prakerja. Salah satunya adanya perubahan status kelolosan yang tercantum dalam dashboard akun Kartu Prakerja.

Proses verifikasi masih berjalan

Berdasarkan pertanyaan yang beredar di media sosial Twitter. Sebagian besar mengalami masalah dalam hal status kelolosan yang berubah, dari lolos menjadi tidak lolos dan sebaliknya. Saat dikonfirmasi, Rabu (22/4/2020), Direktur Komunikasi Program Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan bahwa perubahan tersebut dipengaruhi oleh proses verifikasi yang masih berjalan. “Karena kami fokus dalam melakukan langkah-langkah ekstra untuk memverifikasi identitas peserta gelombang 1 agar bantuan pelatihan dan insentif lebih tepat sasaran,” jawab Panji.

Selain itu, untuk mencegah berbagai kecurangan, dilakukan verifikasi NIK peserta dengan NIK akun peserta mitra pembayaran, serta verifikasi foto diri dan foto KTP yang diunggah saat pendaftaran. “Proses verifikasi dilakukan berlapis untuk mengurangi risiko akun peserta digunakan oleh pihak lain” tambah Panji. Adapun status kelolosan tersebut diperkirakan akan terbagi seluruhnya hari ini. “Insya Allah gelombang 1 sebesar 200.000 seluruhnya terbagi hari ini. Sudah dilakukan bertahap sejak kemarin” jawab Panji.

Pastikan swafoto sesuai ketentuan

Ia juga mengimbau para pendaftar program Prakerja untuk memastikan swafoto yang diunggah saat mendaftar sesuai dengan ketentuan. “Juga karena saat verifikasi foto dirinya sulit diidentifikasi sistem karena cahaya gelap, muka tertutup, dan tidak lurus” jelasnya. Adapun ketentuan swafoto untuk mendaftar Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

  • Seluruh bagian muka tampak lurus menghadap kamera
  • Atur kecerahan foto agar tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang Jangan menggunakan kacamata
  • Ketentuan tersebut juga telah disampaikan melalui media sosial Kartu Prakerja.

Cara mengecek status kelolosan Adapun cara mengecek status kelolosan Kartu Prakerja dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu pada dashboard akun Prakerja pada laman www.prakerja.go.id atau menunggu notifikasi SMS. Pengumuman ini dilakukan secara bertahap pada 200.000 pererta yang lolos pada gelombang tersebut. Bagi 200.000 peserta yang lolos di setiap gelombangnya akan dapat mengikuti pelatihan yang disediakan. Melalui pelatihan tersebut, perserta akan memperoleh sertifikat elektronik. Jumlah insentif yang diperoleh peserta lolos adalah senilai Rp 3.550.000 yang terdiri atas biaya pelatihan dan insentif.