Sempat Ditakedown, Lagu Keke Bukan Boneka Kembali Tampil di Youtube
September 20, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Sempat Ditakedown, Lagu Keke Bukan Boneka Kembali Tampil di Youtube

Kekeyi

Kekeyi Rilis Lagu Single 'Keke Bukan Boneka'

Diupload ulang di YouTube, Fakta terbaru lagu Keke Bukan Boneka milik Kekeyi. Kekeyi kembali mengunggah video Keke Bukan Boneka yang sempat ditakedown

Seminarioaversa – Diupload ulang di YouTube, inilah fakta terbaru lagu Keke Bukan Boneka milik Kekeyi. Kekeyi kembali mengunggah video musik lagu barunya Keke Bukan Boneka yang sempat ditakedown karena dituding menjiplak lagu Aku Bukan Boneka milik Rinni Wulandari.

Hingga berita diunggah, video Keke Bukan Boneka telah dilihat hingga 100 ribu kali. Lagu ” Keke Bukan Boneka” sempat dihapus atau di-take down oleh YouTube pada Jumat 5 Juni 2020.

Lagu tersebut menjadi perbincangan lantaran dianggap melanggar hak cipta karena diduga menjiplak lagu “Aku Bukan Boneka” yang dipopulerkan Rinni Wulandari.

Berikut ini beberapa fakta menarik di balik dihapusnya lagu “Keke Bukan Boneka” yang dirangkum Kompas.com:

1. Rinni Wulandari ungkap penyebabnya

Rinni Wulandari membantah dirinya terlibat dalam hilangnya lagu “Keke Bukan Boneka” dari platform YouTube.

Lewat akun Instagram-nya, penyanyi jebolan Indonesian Idol ini menjelaskan bahwa ia sama sekali tidak ikut campur dalam urusan hak cipta itu.

Terkait dengan ditake downnya lagu Keke Bukan Boneka adalah di luar wewenang aku. Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi_umar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka,” tulis Rinni Wulandari.

2. Penjelasan Novi Umar

Senada dengan Rinni, Novi Umar selaku pencipta lagu “Aku Bukan Boneka”, mengaku kaget ketika pertama kali mendengar lagu tersebut dihapus.

Sebelumnya Novi Umar sudah menyerahkan semua urusan soal lagu Kekeyi itu kepada Sony Music selaku label yang memiliki hak cipta “Aku Bukan Boneka”.

Novi Umar kemudian berkata, dirinya sendiri berharap agar permasalahan ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Novi menolak untuk membawa kasus ini ke jalur hukum dan akhirnya menyerahkan semuanya kepada Sony Music.

“Kalau dari saya, sampai detik ini saya maunya bicara baik-baik. Saya enggak masalah. Saya dari awal sudah serahkan ke pihak Sony,” kata Novi Umar.

3. Kekeyi minta pertolongan Anji

Kekeyi sempat meminta pertolongan Anji ketika mengetahui lagunya menghilang dari peredaran YouTube.

Padahal lagu tersebut sudah menduduki trending YouTube selama hampir sepekan lamanya dan telah ditonton 19 juta kali. Anji pun berniat membantu Kekeyi untuk mengurus masalah hak cipta ini.

Namun, ia terkendala dengan Surat Kuasa karena masalah ini bisa bersinggungan dengan hukum.

Hanya saja saya harus memiliki Surat Kuasa. Saya baru memberi penjelasan tentang harus bagaimana. Tapi hari ini dengar kabar lagunya di-take down,” tulis Anji.

Untungnya, lagu “Keke Bukan Boneka” akhirnya kembali ditayangkan oleh YouTube pada sore harinya.

4. Kekeyi mencoba ikhlas

Saat video “Keke Bukan Boneka” menghilang dari YouTube, Kekeyi sudah mencoba untuk ikhlas menerima keadaan.

“Saat ini aku ingin belajar ikhlas, dan aku belajar untuk menerima serta aku ingin menghilangkan trauma dalam diriku,” kata Kekeyi.

“Karena sudah satu minggu aku dalam rasa deg-degan yang amat sangat,” tambahnya.

Setelah adanya kasus ini, Kekeyi ingin merenung dan menerima keadaan. Ia juga meminta agar para penggemarnya, yang biasa disebut Sahabat Kekeyi, untuk tidak mengganggunya terlebih dahulu.

“Biarkan aku termenung sahabat. Tolong jangan ganggu saya dulu,” tutupnya.

Kevin Kecewa Video Lagu Kekeyi Dihapus Sepihak

Kevin Aprilio menjadi salah satu yang cukup kecewa mendengar kabar dihapusnya lagu Keke Bukan Boneka milik Kekeyi dari YouTube.

Ia menyayangkan dihapusnya video klip Keke Bukan Boneka secara sepihak meski kemiripan sangat sedikit. Kevin juga menjadi salah satu yang meramaikan tagar #savelagukekeyi di Instagram.

Lewat akun Instagramnya, Kevin Aprilio memposting capture chat dengan Kekeyi. Kevin dan Kekeyi membicarakan soal video Keke Bukan Boneka yang dihapus.

Awalnya Kevin mengapresiasi karya Kekeyi di lagu Keke Bukan Boneka. Kevin Aprilio lagu Keke Bukan Boneka tersebut sangat menghibur pendengarnya.

“Hahahahaha gpp Kekeyy, aku posting di ig gpp kan ? abis km lucu bgt haha gemesin,” “Keren lo lagumu asli, bakat sih km bikin lagu,” kata Kevin Aprilio di chat dengan Kekeyi.

Kekeyi lantas menjawab bahwa lagu Keke Bukan Boneka dihapus dari Youtube. “Tp udah di claim kak dan ditake down, bukan aku yang take down,” jawab Kekeyi.

Membaca kabar dari Kekeyi, Kevin Aprilio sepertinya terkejut. “Hah serius? kenapa?, Padahal aman2 aja kayaknya banyak yang terhibur loo key,” kata Kevin Aprilio.

Kekeyi rupanya tak begitu tahu video Keke Bukan Boneka dihapus.

“Biarin aja kaka rezeki sudah ada yang ngatur. Mungkin bukan takdir q untuk terjun disitu,” jawab Kekeyi. Kevin Aprilio pun mencoba untuk menyemangati Kekeyi.

“Aduh, semangat ya key, sumpah sedih aku, km orang baik. Bismillah semoga diganti rejekinya melimpah dari yang lain.

Tapi aku tetep mengakui km pencipta lagu hebat. Aku gak bohong, bikin lagu simple itu susah,” kata Kevin Aprilio.

“Sekarang aku hanya ingin menghapus traumaku dulu, makasih kak, kakak juga orang hebat, aku suka lagu kakak semua,” jawab Kekeyi. Dalam keterangan postingannya Kevin Aprilio justru menggaungkan hastag savelagukekey.

“Kenapa di take down??

Miripnya cuman sedikit bgtt, bukan part yang ada nada vocal, dan belum tentu @rahmawatikekeyiputricantikka23 nyadar pas dia bikin part ‘aku bukan boneka’?

Tlg lah pihak yg takedown jgn di takedown gitu aja. Hargai juga Kekey susah payah bikin clip, lagu, dan semua aspek lainnya.

Wah parah sih. Seenggaknya ada ngobrol dulu / gimana gitu sebelum take down…

Tolong lah liat sisi positifnya orang.

Jangan lihat dari satu / dua sisi saja. Orang baik ini. #savelagukekey” tulis Kevin Aprilio di kolom keterangan.

Sementara itu sang ayah, Addie MS, mengapresiasi langkah Kevin Aprilio yang membela Kekeyi. “Bagus, Vin. Tumbuhkan terus empatimu. Dukung anak muda yg mau berkarya, dengan segala kekurangannya.

Kita pun punya banyak kekurangan.” tulis Addie MS. Diberitakan sebelumnya, video klip lagu Keke Bukan Boneka rupanya telah di-take down oleh Youtube.

Video yang telah ditonton lebih dari 14 juta orang itu kini berganti dengan layar kosong berwarna hitam. Dalam laman tersebut tertulis keterangan mengapa video klip Keke Bukan Boneka di-take down.

Rupanya, ada nama Rini Idol pada klaim di video klip Kekeyi. Karena sudah jadi copyright Rini Idol, maka video klip Keke Bukan Boneka kini di-take down.

Hilangnya video klip Keke Bukan Boneka itu lantas menjadi perbincangan publik. Netizen di media sosial lantas menyalahkan Rinni Wulandari.

Lagu Keke Bukan Boneka Trending 1 Youtube Indonesia

Hal tersebut lantaran lagu Keke Bukan Boneka menjadi trending 1 di Youtube.

Belum 24 jam rilis, lagu Keke Bukan Boneka menjadi viral dan bahkan menggeser kedudukan duet Lady Gaga dan BLACKPINK di platform Youtube.

Usai lagu Keke Bukan Boneka itu viral, lirik lagu tersebut justru menuai perbincangan.

Sebab, Kekeyi dianggap menjiplak lagu mirip Rinni Wulandari berjudul Aku Bukan Boneka.

Pencipta lagu Aku Bukan Boneka yang dipopulerkan oleh Rinni Wulandari, Novi Umar ikut pun sempat buka suara terkait dengan dugaan plagiarisme oleh Rahmawati Kekeyi.

Single pertama Kekeyi yang berjudul Keke Bukan Boneka disebut mirip dengan lagu Rinni berjudul Aku Bukan Boneka.

Lagu Aku Bukan Boneka yang rilis pada tahun 2008 itu memang sempat melejitkan nama Rinni Wulandari.

Dan kini di tahun 2020, Kekeyi merilis lagu berjudul Keke Bukan Boneka dengan potongan lirik yang mirip dengan lagu Aku Bukan Boneka dari Rinni.

Ditonton lebih dari 14 juta pengguna Youtube, video klip Keke Bukan Boneka kini telah hilang.

Ketika dicari di laman resminya, video klip Keke Bukan Boneka berubah jadi layar berlatar hitam.

Dalam layar tersebut tertulis keterangan kenapa video klip Keke Bukan Boneka di-take down.

“Video unavailable

This video is no longer available due to a copyright claim by Rini idol-Aku bukan boneka,”

Mengetahui lagu Keke Bukan Boneka telah tak ada di Youtube, netizen pun ramai-ramai menyerang Rinni Idol.

Banyak yang menyebut Rinni Idol iri dengan kesuksesan Kekeyi yang meraup trending di Youtube.

Rinni Idol Klarifikasi

Gusar dengan komentar miring tersebut, Rinni Idol akhirnya buka suara. Dalam laman Instagram-nya, Rinni Idol tampak memberikan klarifikasi soal alasan kenapa video Keke Bukan Boneka di-take down Youtube.

Diakui Rinni Idol, itu bukan wewenangnya. Sebab yang bisa melakukan hal tersebut adalah label rekamannya terdahulu yakni Sony Music.

View this post on Instagram

🙏🏻❤️

A post shared by Rinni Wulandari Julian (@rinni_w) on

Halo semua ! Nampaknya ada yang harus diluruskan nih karena membludaknya komentar di postingan social media aku.

Terkait dengan di-take down-nya lagu Keke Bukan Boneka adalah di luar wewenang aku.

Semua adalah keputusan label @sonymusicid @novi_umar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka, yang dimana sony music sekarang bukan lagi label aku.

Kenapa ada tulisan “copyright claim by rini idol-Aku Bukan Boneka”? Nah, video yang kena take down sama Youtube selalu mencatut judul lagu dan penyanyi aslinya. Jadi nama aku beserta judul lagunya tercantum di situ.

Semoga teman-teman bisa paham sama apa yang terjadi saat ini. Semoga teman-teman sehat dan bahagia selalu.