Rekam Jejak Claus Wamafma, Orang Asli Papua di Jajaran Bos Freeport
November 30, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Rekam Jejak Claus Wamafma, Orang Asli Papua di Jajaran Bos Freeport

Papua Freeport

Pemandangan area tambang Grasberg Mine di kabupaten mimika

Menteri Badan Usaha Milik Negeri( BUMN) Erick Thohir menunjuk Claus Wamafma sebagai direktur di PT Freeport Indonesia. Claus Wamafma petinggi asli papua

Berita Trending – Menteri Badan Usaha Milik Negeri( BUMN) Erick Thohir menunjuk Claus Wamafma sebagai direktur di PT Freeport Indonesia. Claus Wamafma jadi orang pertama asli Papua yang masuk jajaran petinggi perusahaan anggota holding pertambangan Indonesia itu. Dilihat dari profilnya, dia bukan wajah baru di Freeport Indonesia. Saat sebelum ditunjuk sebagai anggota direksi, dirinya pernah menduduki posisi Wakil Presiden Pengembangan Komunitas PT Freeport Indonesia sejak tahun 2014. Rekam jejak karirnya dihabiskan di raksasa tambang yang dulunya penanaman modal asing( PMA) asal Amerika Serikat tersebut.

Dilansir dari Harian, 1 Desember 2014, tugasnya di Freeport Indonesia saat itu merupakan bertugas di aktivitas CSR dan pemberdayaan warga, spesialnya yang terletak di zona dekat pembedahan industri.

Pelayanan kesehatan di 2 rumah sakit Freeport jadi salah tanggung jawab Claus Wamafma. Di Distrik Tembagapura, Mimika, posisi beroperasinya PT Freeport Indonesia, perusahaan tambang multinasional, ada 2 sarana kesehatan. Rumah sakit Tembagapura milik Freeport memberi layanan free untuk karyawan Freeport Indonesia dan masyarakat dekat yang merupakan 7 suku asli di daerah itu, adalah Damal, Ekari, Amungme, Kamoro, Moni, Dani, dan Mee. Total kunjungan per hari 200 orang. Tidak hanya itu, ada Rumah sakit Waa Banti, yang terletak di luar zona operasi PT Freeport Indonesia. Claus Wamafma juga yang bertanggung jawab pada layanan kesehatan yang disediakan Freeport buat warga pedalaman di Mimika, Papua.” Kami kesusahan mencari tenaga yang ingin tinggal di pedalaman berbulan- bulan,” kata Claus Wamafma saat itu.

Saat sebelum jadi Wakil Presiden Pengembangan Komunitas, Claus Wamafma sempat ditugaskan sebagai General Superintendent dan Manager Warehouse Management. Pria kelahiran Manokwari tahun 1973 ini merupakan jebolan Institut Teknologi Bandung( ITB). Sementara pendidikan dasar sampai menengah diselesaikannya di Fakfak dan Jayapura. Sebelumnya, Staf Spesial Menteri BUMN Arya Sinulingga, mengatakan jika Claus Wamafma jadi orang pertama asli Papua yang duduk di kursi direksi Freeport Indonesia.

Claus Wamafma asli Papua

Claus Wamafma jadi direktur di PT Freeport Indonesia.

“ Claus Wamafma ini putra asli Papua serta ia berkarier telah 20 tahun di Freeport,” ucap Arya, Senin( 17/ 2/ 2020). Semacam dikenal, kebanyakan saham ataupun 51 persen saham Freeport Indonesia telah terdapat di tangan salah satu BUMN, ialah PT Inalum, semenjak akhir 2018. Ini pula jadi representasi kepemilikan Pemerintah Indonesia atas saham industri tambang yang mempunyai induk di Amerika Serikat tersebut. Arya menarangkan, penaikan Claus meyakinkan kalau putra asli Papua mempunyai keahlian jadi petinggi di industri multinasional.“ Ini baru awal( orang asli Papua masuk ke jajaran direksi Freeport). Ia( Claus) berkarier dari dasar,” kata Arya.

Tidak hanya Claus, ada sebagian pergantian jajaran komisaris di badan Freeport.

Berikut lapisan lengkap jajaran komisaris dan direksi Freeport yang baru:

Komisaris Presiden Komisaris: Richard C. Adkerson

Wakil Presiden Komisaris: Orias Petrus Moedak

Komisaris: Adrianto Machribie

Komisaris: A. M. Fachir

Komisaris: Hinsa Siburian

Komisaris: Kathleen Lynne Quirk

Direksi

Presiden Direktur: Clayton Allen Wenas

Wakil Presiden Direktur: Jenpino Ngabdi

Direktur: Achmad Ardianto

Direktur: Claus Wamafma

Direktur: Mark Jerome Johnson

Direktur: Robert Charles Schroeder