June 3, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Kisah Perjalanan Naniel Yakin dan karyanya Bersama Iwan Fals di Order Baru

Pencipta Lagu Bento

Naniel Yakin, meninggal dunia pada Jumat (21/2/2020).

Musik Indonesia tengah berduka. Salah satu musisi serta komposer lagu senior, Naniel Percaya, wafat dunia pada Jumat( 21/ 2/ 2020)

Berita Trending – Musik Indonesia tengah berduka. Salah satu musisi serta komposer lagu senior, Naniel Percaya, wafat dunia pada Jumat( 21/ 2/ 2020). Naniel mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Permata Pamulang, Tangerang Selatan, pada jam 11. 00 Wib dalam umur 67 tahun.

Dikabarkan, Naniel telah menderita penyakit komplikasi semenjak beberapa tahun terakhir. Naniel bernama lengkap Khusnul Yaqin. Dia lahir di Rumah sakit Mardi Santosa Surabaya, 18 Juli 1952.

Nama Naniel mulai diketahui ketika bergabung dengan tim band SWAMI yang terdiri dari Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, dan Innisisri. Naniel yang juga seseorang wartawan pernah membuat proyek musik bersama Leo Christi. Salah satu lagu ciptaan Naniel bersama Iwan Fals yang terkenal merupakan” Bento”. Lagu itu jadi bagian dari album SWAMI I yang dirilis pada 1989. Bersama lagu” Bongkar”, lagu” Bento” jadi amat kontroversial ketika diluncurkan.

Lahirnya Lagu Bento

Image result for Swami 1989
Cover Album SWAMI

Lagu” Bento” dianggap sebagai gambaran nyata dalam mengkritisi berbagai kasus sosial politik sepanjang rezim Orde Baru. Naniel menggubah” Bento” dengan apik dan berapi- api. Lagunya kerap diasosiasikan dari singkatan” Benteng Soeharto” ataupun” Benteng Tommy Soeharto” oleh banyak orang.” Bento” juga masuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik tipe Majalah Rolling Stones edisi#56 terbitan Desember 2009.

Lagu” Bento” menduduki posisi 10 dalam catatan tersebut. Sedangkan, pada Desember 2007, album SWAMI I memperoleh peringkat kedelapan di dalam catatan” 150 Album Indonesia Terbaik” dalam majalah Rolling Stone Indonesia#32. Walaupun membuat penguasa gerah pada saat itu, lagu” Bento” mendapat apresiasi yang sangat baik di masyarakat. Singel itu bersama album SWAMI I laris manis di pasaran.

Lagu tersebut seakan menyentil tentang mereka yang intelek. Namun justru menindas dengan mendalami hukum dan peraturan buat menimbun kekayaan, tidak peduli walaupun harus menindas. Rezim orde baru yang represif dan otoriter disebut- sebut sudah mengilhami lagu ini. Iwan Fals yang ikut mempopulerkan” Bento” juga pernah menyatakan rasa terima kasihnya pada Orde Baru, karena dari Orde Baru- lah lagu- lagu seperti” Bento” lahir.

Hal ini di informasikan langsung oleh Iwan Fals dalam suatu wawancara dalam kegiatan Kick Andy, 5 Februari 2010.” Artinya, bukan aku mengiyakan apa yang terjadi di masa Orde Baru, tetapi dari sana lahir lagu” Umar Bakrie”,” Wakil Rakyat”,” Serdadu”,” Bento”,” Bongkar”,” Tikus Kantor”, dan lain- lain,” ucap Iwan Fals Selamat jalan Naniel, karyamu abadi..