Pemerintah akan bagikan BLT Rp600rb ke 4.1juta warga Jabodetabek
September 20, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Pemerintah akan bagikan BLT Rp600rb ke 4.1juta warga Jabodetabek

Penghargaan: Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia

Menteri Keungan Indonesia

Pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga tiap bulan. BLT tersebut akan berlangsung selama 2-3 bulan.

Seminarioaversa –  Pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga tiap bulan. Di mana, BLT tersebut akan berlangsung selama 2-3 bulan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa BLT tersebut di luar bantuan-bantuan lainnya. Di mana akan befokus di daerah Jabodetabek.

“Bansos tambahan untuk jabodetabek, baik itu 4,1 juta penerima, di mana 2,5 juta di DKI Jakarta dan 1,6 juta di bogor depok tangerang dan bekasi (Bodetabek) ini untuk diberikan BLT,” ujarnya usai ratas bersama presiden Jokowi, Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Dirinya menjelaskan, BLT tersebut berbeda dengan penerima bansos dan BPNT pemerintah atau kartu sembako. Ditegaskan oleh Presiden Jokowi, dalam hal ini BLT untuk Jabodetabek.

“Jadi yang selama ini disampaikan Gubernur DKI 3,7 juta dan 1,1juta penerima sudah dicover oleh DKI. jadi sekarang itu 2,51 juta penerima atau dikonversi itu 1,2 juta keluarga yang di DKI saja itu yang nanti mendapatkan BLT tadi, untuk bodetabek ada 1,64 juta jiwa atau konversi ke keluarga itu 576 ribu keluarga,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa besaran yang didapat akan sama seperti kartu prakerja yaitu sebesar Rp600 ribu. Namun berapa lamanya masih belum ditetapkan.

“Kepada mereka satuannya sama seperti kartu prakerja Rp600 ribu nanti tetapkan 2 atau 3 bulan,” ujarnya.

Presiden Pastikan Keluarga Miskin di Jabodetabek Terima Sembako Senilai Rp600 Selama 3 Bulan

Mungkinkah Pemerintah Indonesia 'Ditutup' Sementara ...

 Pemerintah berencana memberi bantuan berupa paket sembako bagi masyarakat miskin di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Bantuan itu diberikan untuk meringankan masyarakat dari dampak pandemi Corona atau Covid-19.

“Jadi ada bansos khusus dari Presiden untuk Jabodetabek berupa paket sembako dengan nilai Rp 600 ribu per keluarga selama tiga bulan,” ujar Menteri Sosial Juliari P. Batubara pada rapat terbatas virtual, Selasa (7/6/2020).

Dia menjelaskan pihak yang menerima adalah seluruh keluarga yang terdaftar dalam data terpadu yang sudah ada di Kemensos dan Pemda. Dan mereka adalah orang-orang yang belum menerima bansos seperti PKH, bantuan pangan nontunai, atau kartu prakerja.

“Rencananya kami akan mulai secepatnya bulan ini. Kami perlu koordinasi terlebih dahulu,” ungkap dia.

Dia menambahkan, untuk menunggu Bansos turun ke lapangan, Kemensos akan mendistribusikan 200 ribu paket sembako dengan indeks Rp600 ribu di Jakarta.

“Sembako tersebut diberikan untuk menunggu kekosongan Bansos khusus dari Presiden untuk wilayah Jabodetabek,” tandas dia.