Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan Jumat 24 April 2020
September 26, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan Jumat 24 April 2020

Ramadhan Resmi 24 April

Jumat 24 April Menjadi Awal Ramadhan 1441H

- Pemerintah telah menetapkan awal Ramadhan 1440H jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi.

Seminarioaversa – Pemerintah telah menetapkan awal Ramadhan 1440H jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi.

Secara astronomis, pada hari pelaksanaan rukyat, 23 April 2020, saat matahari terbenam, posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 2 derajat 41 menit hingga 3 derajat 44 menit.

Sehingga umat Islam mulai Jumat 24 April 2020 sudah bisa menjalankan puasa Ramadhan. Dan berikut ini adalah jadwal Imsakiyah di berbagai daerah Indonesia:

Jadwal Imsakiyah Jakarta

Jadwal Imsakiyah di Provinsi DKI Jakarta adalah Pukul 04.27 WIB. Sementara waktu Subuh pukul 04.37.

Jadwal Imsakiyah Bandung Jawa Barat

Jadwal Imsakiyah di Provinsi Jawa Barat adalah Pukul 04.25 WIB. Sementara waktu Subuh pukul 04.35.

Jadwal Imsakiyah Jawa Tengah

Jadwal Imsakiyah di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah adalah Pukul 04.13 WIB. Sementara waktu Subuh pukul 04.23.

Jadwal Imsakiyah Kota Surabaya, Jawa Timur

Jadwal Imsakiyah di Kota Surabaya Jawa Timur adalah Pukul 04.04 WIB. Sementara waktu Subuh pukul 04.14.

Link Jadwal Imsakiyah Seluruh Indonesia

Sementara untuk data lengkap jadwal imsakiyah dari berbagai provinsi dan kota, bisa mengakses di laman Kementerian Agama dengan klik tautan ini. https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah

Pesan Presiden Jokowi saat Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19

Ini Pesan Ramadhan Presiden Jokowi di Tengah Pandemi Covid-19 ...

Pemerintah sudah menetapkan 1 Ramadan pada Jumat (24/4) besok. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun mengucapkan selamat dan mengajak seluruh masyarakat untuk menyambutnya dengan penuh syukur walaupun di tengah pandemi Covid-19.

“Saya mengajak kita semua menyambut ramadan dengan penuh rasa syukur walaupun kita sedang menghadapi tantangan yang tidak ringan adanya covid-19,” kata Jokowi, Kamis (24/4).

Jokowi menjelaskan, pandemi ini melanda seluruh dunia. Sebab itu hal tersebut kata Mantan Gubernur DKI Jakarta memaksa untuk bisa menjalankan puasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Tidak kesemarakan di jalan, ruang masjid pun berada dalam keheningan, suasana baru akan kita rasakan. Meresapi makna sejati ibadah puasa yang kita jalankan,” kata Jokowi.

Puasa kata Jokowi yaitu ibadah pribadi tanpa perlu saksi. Dia meminta masyarakat agar moment ini untuk memperkuat diri. Serta kata dia menjaga semua orang yang dicintai.

“Jadikan puasa sebagai moment untuk memperkuat diri, serta menjaga semua orang yang dicintai. Saatnya kita disiplin diri, mari kita sambut ramadan yang barokah sebagai moment untuk memutus rantai penularan wabah demi keselamatan diri,sanak dan saudara,” ungkap Jokowi.

“Marhaban Ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Allah memberi langkah kita memberi kekuatan dalam menghadapi cobaan dan memberkahi bangsa Indonesia,” sambung Jokowi.