June 3, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Isu Hoax Pemeran’Harry Potter’,Daniel Radcliffe Positif Virus Corona

Pemeran Harry Potter

NAMA Daniel Radcliffe terseret dalam pemberitaan yang menyebut dirinya mengidap COVID-19

akun yang mengatasnamakan BBC News membuat sebuah cuitan Breaking News yang berisikan jika aktor Daniel Redcliffe tengah mengidap Virus Corona

Seminarioaversa – Semakin mewabahnya virus corona makin membuat masyarakat resah, tak ayal kabar yang simpang siur pun beredar di kalangan publik. Baru-baru ini, akun yang mengatasnamakan BBC News membuat sebuah cuitan Breaking News yang berisikan jika aktor Daniel Redcliffe tengah mengidap Virus Corona.

Sontak kabar tersebut pun banyak di re-tweet oleh pembacanya dan menjadi viral. Dalam cuitannya, akun yang mengatasnamakan BBC News ini menuliskan bila hasil tes mantan pemain film Harry Potter ini positif terinfeksi SAR-CoV-2.

Baca Juga :Tzuyu ‘TWICE’ Melakukan Karantina Diri Di Taiwan ,Karena Wabah Virus Corona

Berita Palsu Selebriti Positif Virus Corona Menyebar

“Breaking: Daniel Readcliffe positif mengidap coronavirus, aktor ini merupakan orang terkenal pertama yang dikonfirmasi secara publik,” tulis pemilik akun yang mengatas namakan BBC News seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari BuzzFeedNews pada 11 Maret 2020.

Jelas hal ini membuat banyak spekulasi di kalangan pembaca, terutama penggemar dari pemeran film Harry Potter ini.

Banyak yang tertipu hingga wartawan dari berbagai media pun sempat meretweet cuitan tersebut, salah satunya media dari New York Times, CBS News, dan Politico.

Dalam cuitan tweet tersebut, akun yang mengatasnamakan BBC News juga menyisipkan tautan ke halaman berita BBC. Tetapi tampaknya tautan tersebut tidak diperbaharui sejak 2017 lalu.

Akun ini juga menggunakan opsi atau pengaturan terbaru dari Twitter untuk menyembunyikan beberapa tanggapan tweet dari reporter BuzzFeed News yang menuliskan bahwa akun ini palsu.

Akun Palsu Yang Mengatasnamakan BBC News

Meskipun tweet itu tampak terlihat kredibel, jika dilihat dari profilnya, jelas mengungkapkan akun ini adalah palsu.

Akun yang mengatasnamakan BBC News ini hanya memiliki 125 pengikut, dan kini akun tersebut telah ditangguhkan karena sudah menyebarkan hoax.

Dikutip dari BuzzFeedNews, pelaku mengaku ulahnya ini hanya untuk hiburan semata. Pelaku juga menyebutkan bahan candaan ini dilakukan untuk memanipulasi orang dan menyebutkan jika internet menurunkan IQ manusia

“Menipu kepolosan manusia dengan angka di tweet (jumlah re-tweet). Saya bisa menulis tweet sekarang, tetapi tidak ada yang akan percaya kecuali ada jumlah re-tweet yang tepat.

“Kami melatih masyarakat untuk menjadi lebih mengerti teknologi,” kata salah satu pelaku.

Pelaku juga menyebutkan alasannya memilih aktor Redcliffe hanya karena spontan. Selain Daniel Redcliffe pelaku menyebutkan artis lainnya yang bisa menjadi sasaran korban hoax di internet. Salah satunya David Hasselhoff, Pamela Anderson dan Megan Fox.

Mendengar namanya dicatut dalam berita hoax, Daniel Redcliffe pun tuliskan tanggapannya di akun Instagram pribadinya. Redcliffe mengaku dirinya baik-baik saja dan tidak mengidap COVID-19.

“Jangan percaya Twitter, Daniel baik-baik saja,” tulis Redcliffe dalam akun Instagramnya.