June 6, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Pemerintah Berencana Jemput dengan Kapal Perang,WNI di Diamond Princess Kecewa

Diamon Princess

Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Positif Virus Corona

WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess merasa kecewa dengan rencana pemerintah yang akan menjemput mereka memakai kapal perang

Berita Trending – Masyarakat negara Indonesia( WNI) yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess merasa kecewa dengan rencana pemerintah yang akan menjemput mereka memakai kapal perang.

Sebelumnya pada Kamis 20 Februari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Panglima Tentara Nasional Indonesia(TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto, dan KSAL Laksamana Tentara Nasional Indonesia(TNI) Siwi Sukma Adji sudah menggelar rapat koordinasi, terkait kesiapan Kapal Perang( KRI) Dokter Soeharso yang diusulkan mengevakuasi 74 WNI di Kapal Diamond Princess.

Perkiraan perjalanan Surabaya ke Yokohama di Jepang lewat Davao( Filipina) akan memakan waktu 11 hari. Setelah proses evakuasi, perjalanan dari Yokohama ke Surabaya lewat Ranai, Natuna, diprediksi sekitar 15 hari.

Total lama perjalanan termasuk waktu sandar di pelabuhan dan upaya evakuasi merupakan 34 hari.

Proses evakuasi akan mengaitkan 153 awak kapal, tercantum personel petugas kesehatan.

Sasa, salah seseorang WNI di kapal pesiar Diamond Princess kepada ABC mempertanyakan langkah pemerintah dalam menjemput wargnya.

” Kami benar upset( kecewa) karena mendengar di kabar, katanya ingin dijemput dengan kapal medis, dan penjemputannya[dari Indonesia ke Jepang] itu lama, empat belas hari,” kata ia.

Kondisi WNI di kapal Diamond Princess

“[Dengan jangka waktu sepanjang itu, sama saja dengan kita dikarantina di sini dong. Jika telah berakhir dikarantina di sini, sesungguhnya kita juga akan diberi gratis tiket pesawat dari perusahaan,” lanjut dia.

” Memang[dipulangkan dengan kapal] belum tentu juga sih, tetapi[kami] nyaris putus harapan buat dipulangkan lebih awal.”

Sedangkan itu, pengecekan kesehatan terhadap awak kapal telah mulai dilakukan secara bertahap semenjak Kamis 20 Februari.

” Kemarin sore sebagian telah mulai dicek kesehatannya. Aku baru bisa giliran siang ini,” Sasa menjelaskan.

” Di tesnya di tenggorokan, seperti cotton bud yang besar, dimasukkan ke tenggorokan,” jelasnya.

” Setelah itu diambil air liur dan lendir di kerongkongan,” ucap Sasa.

Walaupun begitu, dia tetap bekerja semacam biasa, dengan lebih dari 10 jam satu hari, karena sebagian besar penumpang baru pulang Jumat( 21/ 2/ 2020).

” Sasa masih bekerja seperti biasa… setelah ini, kembali lagi kerja.”

Departemen Luar Negara melaporkan terdapat 78 WNI yang bekerja sebagai kru kapal Diamond Princess, 4 orang positif virus korona atau Covid- 19. Mereka telah diturunkan dari kapal dan dibawa ke rumah sakit di Chiba.

Kapal Diamond Princess dijalankan industri Princess Cruises, yang berbasis di Amerika Serikat bawa 3. 711 orang, terdiri dari 2. 666 penumpang dan 1. 405 kru yang berasal dari 56 negara.