June 6, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

Cegah Virus Corona Malaysia Lockdown,Berikut Negara yang Sudah Lockdown

Malaysia Lockdown

Malaysia Sudah Mengumumkan Lockdown

Malaysia menyatakan lockdown selama dua pekan untuk menghentikan laju infeksi virus corona Keputusan lockdown itu diumumkan Perdana Menteri Malaysia

Seminarioaversa – Malaysia menyatakan melakukan lockdown selama dua pekan untuk menghentikan laju infeksi virus corona di negara tersebut. Keputusan lockdown itu diumumkan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Senin (16/3/2020). Sedangkan pemberlakuan lockdown efektif mulai Rabu (18/3/2020) hingga 31 Maret 2020. “Kerajaan memandang serius situasi ancaman virus corona ini, sehingga fokus pada masa ini adalah mencegah penularan semakin banyak,” kata Muhyiddin dalam rilis resmi pemerintah. Selain Malaysia yang menerapkan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona, beberapa negara juga sudah menerapkan lockdown karena corona. Berikut di antaranya:

Baca Juga :Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Aman Dan Mudah,Berikut 3 cara Membuatnya

China

Image result for china lockdown

China menerapkan karantina terbesar dalam sejarah manusia saat meredam grafik peningkatan virus corona. Sebanyak 16 kota lalu berkembang menjadi 20 provinsi ditutup sejak akhir Januari 2020. Media CNN menganalisis pada pertengahan Februari, setengah dari populasi China, sekitar 780 juta, mengalami pembatasan perjalanan.

Italia

Image result for italy lockdown

Setelah terjadi lonjakan pasien virus corona di Italia, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte memberlakukan status lockdown pada 10 Maret 2020. Kebijakan itu menempatkan 60 juta warga Italia dalam kuncian. Sayangnya, sebelum aturan lockdown betul-betul diberlakukan, beberapa jam sebelumnya belasan ribu warga dilaporkan kabur terlebih dulu menghindari karantina. Aturan karantina di Italia semakin diperketat melihat jumlah infeksi dan korban meninggal yang masih tinggi. Warga yang keluar rumah tanpa izin yang jelas dapat didenda 206 euro.

Denmark

Image result for denmark  lockdown

Pemerintah Denmark menutup perbatasannya mulai 14 Maret hingga 14 April 2020. Pembatasan itu dalam upaya mencegah penyebaran penyakit. “Kami menyadari bahwa ini akan memiliki konsekuensi yang parah,” kata Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen dikutip dari Bloomberg. “Kita bisa melihat situasi di Italia, semua yang kami lakukan adalah memastikan bahwa kami melewati situasi ini dengan cara yang berbeda,” ujar Frederiksen.

Irlandia

Pemerintah Irlandia memulai lockdown pada Kamis (12/3/2020) hingga 29 Maret 2020. Mengutip NewYork Post, kebijakan itu membuat semua sekolah, perguruan tinggi, fasilitas penitipan anak, dan lembaga budaya akan ditutup. Selain itu, pertemuan di dalam ruangan juga dibatasi tidak lebih dari 100 orang, dan di luar ruangan tidak lebih dari 500 orang. “Kami belum menyaksikan pandemi seperti ini dalam memori hidup, ini adalah wilayah yang belum dipetakan,” kata Perdana Menteri Leo Varadkar dikutip dari Irish Times.

Spanyol

Image result for spanyol lockdown

Pemerintah Spanyol memerintahkan 47 juta penduduknya untuk tinggal di rumah mereka selama setidaknya 15 hari sejak 15 Maret 2020. “Kami hanya memiliki satu tujuan, yaitu mengalahkan virus corona,” kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez dalam pidato nasional. Di samping karantina, tempat-tempat umum seperti bar, restoran dan hotel diminta untuk ditutup. Mereka yang boleh di luar rumah adalah pekerja medis dan warga yang membeli kebutuhan pokok.

Perancis

Image result for perancis lockdown

Perdana Menteri Prancis Édouard Philippe mengumumkan pada hari Sabtu (14/3/2020) bahwa negaranya memberlakukan lockdown untuk memerangi penyebaran virus corona. Dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, Philippe mengatakan bahwa mulai Sabtu tengah malam, semua tempat termasuk restoran, kafe, bioskop dan klub, akan ditutup. “Pasar dan toko makanan, apotek, pompa bensin, bank dan surat kabar akan tetap buka,” kata Philippe dikutip dari CNN. Kebijakan karantina nasional juga diberlakukan di El Salvador, Polandia, Selandia Baru, Australia, Peru, Maroko, Kenya, Puerto-Rico dan Repubik Ceko.