6 Website Resmi Cek Penyebaran Virus Corona di Pulau Jawa
November 27, 2020

Informasi Berita Indonesia dan Dunia Terupdate Hari Ini

Berita Indonesia dan Dunia hari ini, kabar terbaru terkini. Berita aktual, peristiwa, bisnis, bola, tekno, gosip, artis, viral, trending

6 Website Resmi Cek Penyebaran Virus Corona di Pulau Jawa

Pulau Jawa

Ilustrasi Persebaran Virus Corona Covid-19.

Seminarioaversa – Beberapa wilayah di Pulau Jawa masuk ke dalam zona merah dalam persebaran virus Corona (Covid-19). Pemerintah menyediakan portal untuk mengecek persebaran virus di masing-masing wilayah.

Lewat website resmi tersebut, pengguna dapat mengetahui berapa banyak kasus yang terkonfirmasi, jumlah ODP, dan PDP di wilayah itu. Dihimpun dari pemberitaan, berikut enam website resmi untuk mengecek persebaran virus Corona di Pulau Jawa:

1. DKI Jakarta

Bersama Dinas Kesehatan Jakarta, Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta, dan Jakarta Smart City, pemprov Jakarta meluncurkan situs untuk memudahkan informasi persebaran virus Corona.

Pengguna dapat mengeceknya di sini dan data yang ditampilkan pada laman tersebut merupakan data kasus terkonfirmasi dari Kementerian Kesehatan RI.

Sementara, data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) didapat dari data laporan Fasilitas Kesehatan di DKI Jakarta yang telah dilaporkan ke Kemenkes RI.

Pada bagian atas website terdapat beberapa nomor yang dapat dihubungi untuk layanan Jakarta tanggap COVID-19.

Selain menampilkan data kasus terkonfirmasi di Jakarta, situs tersebut pun juga menampilkan data kasus secara nasional yang mencakup jumlah pasien yang dirawat, sembuh, dan meninggal.

2. Bogor

Pemerintah Kota Bogor pun menyediakan situs website serupa dengan tautan berikut . Lewat situs tersebut pun terdapat nomor yang dapat dihubungi untuk layanan tanggap Covid-19 di Kota Bogor.

Meski memiliki tampilan yang berbeda, situs ini juga menampilkan kasus terkonfirmasi di Bogor, PDP, ODP, dan bahkan OTG (Orang Tanpa Gejala).

Tak hanya itu, pemerintah juga menyediakan peta Kota Bogor dengan titik penyebaran pada lokasi kelurahan pasien. Pengguna dapat memperbesar peta dan melihat data yang lebih rinci dengan titik warna merah sebagai tanda kasus positif, titik kuning PDP, dan titik biru ODP.

3. Banten

Masyarakat yang tinggal di Banten dapat mengecek persebaran virus Corona melalui situs ini . Dalam situs ini, tampilan halaman terlihat lebih lengkap.

Pada bagian atas, terdapat informasi mengenai apa itu Covid-19, pengaplikasian jaga jarak, hingga edukasi pencegahan virus Corona dan meningkatkan imunitas tubuh.

Jika halaman digulir ke bawah, pengguna akan melihat data statistik untuk kasus terkonfirmasi di Banten dan Nasional, ODP, dan PDP. Sementara di bagian bawah terdapat peta sebaran Covid-19 di Banten yang ditandai dengan berbagai warna untuk setiap kabupaten yang berbeda.

4. Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi juga menyediakan laman bagi masyarakat dengan alamat situs ini . Lewat laman tersebut, pengguna dapat melihat data kasus ODP, PDP, dan terkonfirmasi.

Setiap data ditunjukkan dalam diagram lingkaran per tanggal kasus. Pengguna pun dapat melihat data dengan lebih rinci saat menggerakkan kursor ke arah diagram.

Tak hanya itu, situs persebaran Covid-19 di Kota Bekasi juga menyediakan data per kecamatan berdasarkan harian. Mulai dari Bantar Gebang hingga Rawa Lumbu. Selain itu, pengguna juga dapat melihat data per jenis kelamin, WNI atau WNA, per usia, dan per lokasi rawat.

Sedangkan pada bagian bawah situs terdapat peta lokasi persebaran di Kota Bekasi yang ditandai dengan titik-titik berwarna merah untuk kasus positif, hijau untuk ODP, dan kuning untuk PDP.

Pemerintah pun menambahkan artikel mengenai informasi dasar Covid-19 hingga pencegahan serta penanggulangan.

5. Jawa Tengah

Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Jawa Tengah dapat mengecek data persebaran melalui situs ini.

Sama seperti situs lainnya, laman ini pun menyediakan data kasus terkonfirmasi secara total, dirawat, sembuh, meninggal, ODP, dan PDP.

Selain itu, pemerintah Jawa Tengah juga mencantumkan data jumlah orang yang dirawat, pulang, dan meninggal di rumah sakit mana saja.

Pada bagian bawah, terdapat data persebaran dalam peta Jawa Tengah yang ditandai oleh titik warna-warni yang diambil dari data Dinas Kesehatan Jawa Tengah.

Tak hanya itu, laman ini pun menyediakan tautan resmi lainnya mengenai informasi seputar Covid-19 di kabupaten atau kota di Jawa Tengah yang lebih spesifik, mulai dari Semarang, Magelang, hingga Banyumas.

Pemerintah pun menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat mengenai virus Corona, infografis, saber hoaks, hingga video edukasi.

6. Jawa Timur

Jawa Timur menyediakan situs web resmi yang beralamat di sini bagi masyarakatnya.

Pada halaman utama, tedapat nomor yang bisa dihubungi untuk layanan Jatim terkait pandemi Covid-19, forum Covid-19 Jatim, dan radar informasi by WhatsApp.

Selanjutnya terdapat informasi mengenai gejala Covid-19, pengertian mengenai ODP dan PDP, hingga daftar 44 rumah sakit rujukan di Jawa Timur. Sayangnya, dalam situs ini tidak ditampilkan data secara real time mengenai persebaran virus Corona di Jawa Timur.